Akuaskap

7.4.11

Akuaskap adalah seni menata taman di dalam air. Selama ini seni ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki kantong tebal. Yup, hal ini dikarenakan harga karya seni memanglah tinggi. Ibarat sebuah lukisan, akuaskap menyajikan gambar yang benar-benar hidup (memang hidup beneran). Pada umumnya diperkantoran-perkantoran besar akuaskap menjadi menu wajib dan hal ini dapat meanikkan prestise bagi perusahaan tersebut. Berikut ini adalah contoh akuaskap:
akuaskap yang udah jadi
lagi action di kornita
bersama tim ekspedisi
tanaman 

Dalam sebuah akuaskap kita akan menciptakan keharmonisan ekosistem dalam sebuah akuarium. Oleh karena itu pengetahuan tentang detail ikan, tanaman, dan ornamen haruslah dimiliki oleh para akuaskaper. Penataan ornamen misalnya, memang bisa saja suka-suka, tapi sebenarnya ada ilmu tata letak seperti desain sebuah taman. Penataan ini akan lebih rumit lagi jika kita menggunakan berbagai jenis tanaman. Tiap tanaman memiliki karakteristik habitat tertentu dalam lingkungan alaminya. Oleh karenanya biasanya beberapa tanaman akan cepat mati jika setting suhu dan cahayanya tak cocok. Pola tumbuh tanaman air juga berbeda antar tiap spesies. Oleh karena itu ada tanaman yang berfungsi sebagai latar, tengah, dan depan. 

Ikan

Ikan hias sebagai menu wajib dalam akuaskap juga banyak jenisnya. Jika tanaman ada bagian latar, tengah, dan depan maka ikan ada yang berfungsi untuk bagian atas, tengah (kolom perairan), dan bagian dasar. Untuk pembersih kaca biasanya para akuaskaper menambahkan ikan jenis sapu-sapu.

Artikel terkait

0 komentar