Rileks Saat Belajar dengan Gelombang Alpha

22.7.11

Mungkin anda sedikit rumit  untuk memahami Gelombang Otak (Brainwave) Alpha jika anda belum memahami cara kerja otak. Secara sederhana Gelombang Otak (Brainwave) Alpha bisa di pahami sebagai berikut: Gelombang Otak (Brainwave) Alpha adalah gelombang elektromagnet dalam otak  pada saat otak anda rileks. Di sini anda kami ajak untuk mengoptimalkan belajar saat otak dalam fase Alpha, fase rileks namun tetap dalam sepenuhnya sadar.

Ketika belajar informasi yang baru, penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik pada otak manusia untuk mengambil dan mempertahankan pengetahuan ini harus dalam keadaan rileks namun sadar. Jelas, yang di maksud rileks bukan berarti tidur atau mengantuk dalam konteks ini. Tentunya kita ingin otak menjadi jernih dan sadar, tapi ingin tubuh menjadi santai. Jika hal ini yang terjadi pada otak anda, anda akan merasa betah dalam belajar dan lebih mudah memahami informasi baru.

Keadaan relaksasi disebut kondisi Alpha. Keadaan Alpha ini terbukti efektif dalam belajar, namun untuk mencapai fase itu adalah bukan hal yang mudah untuk melakukannya. Meskipun dapat dicapai dalam beberapa cara yang berbeda, titik relaksasi yang diperlukan adalah spesifik, dan banyak orang secara spontan keluar dari kondisi alfa setelah berhasil memasukinya atau bahkan jatuh tertidur ketika mencoba untuk menemukannya.

Waktu paling khas untuk mencapai keadaan Alpha ini yang terbaik adalah tepat sebelum tidur atau tepat setelah seseorang bangun. Pada saat ini, pikiran terasa jernih, sangat mudah menerima informasi, dan dengat cepat mulai membuat koneksi dan membuka diri terhadap pemikiran dan realisasi.
Selain pilihan waktu yang tepat untuk masuk pada fase Alpha, ada metode-metode kusus untuk masuk gelombang Alpha. Terapi Gelombang Otak (Brainwave) menggunakan stimulasi audio Gelombang Otak (Brainwave) sangat membantu bagi anda untuk masuk pada fase Alpha ini, sekalipun bagi yang awam. Terapi ini cukup di dengarkan seperti mendengarkan musik dalam keadaan rileks.  Meditasi juga merupakan cara yang baik untuk masuk ke kondisi alfa, serta beberapa latihan yoga.

Gelombang Otak (Brainwave) Alpha dianggap sangat berharga dalam kehidupan manusia sehari-hari. Ketika anda pertama kali bangun di pagi hari, Gelombang Otak (Brainwave) anda sangat berfungsi. Penelitian menunjukkan bahwa rencana yang harus anda lakukan untuk melalui aktifitas seharian sangat efektif untuk anda tentukan ketika bangun tidur. Menceritakan pada diri anda apa yang harus dilakukan merupakan sugesti positif dan sering merupakan alat motivasi yang hebat.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa jam alarm keras, tidak cukup tidur, gangguan tiba-tiba, dan lainnya "mengkhawatirkan" hal-hal yang menghambat kemajuan anda, dan dengan demikian membuat kondisi alfa lebih sulit untuk dicapai.

Terlepas dari bagaimana kondisi Alpha dicapai, penting bagi orang-orang untuk berada dalam keadaan santai (malas hahaha) yang berguna mengurangi stres dan membantu memperluas ruang lingkup pengetahuan seseorang. Kondisi alfa saat ini sedang diimplementasikan di banyak teknik untuk mencapai hasil tertentu dan merupakan hal yang menarik untuk di pelajari.



Artikel terkait

0 komentar