MENGENAL SERTANI 7, RIVAL BERAT SERTANI 14

30.9.18



MENGENAL SERTANI 7, RIVAL BERAT SERTANI 14


Banyak yang belum mengenal padi sertani 7 dibanding pendahulunya sertani 14. Barangkali gaungnya kurang terdengar karena memang baru launching di awal tahun 2018. Lalu, bagaimana karakteristik padi tersebut di sawah tadah hujan?

KARAKTERISTIK TANAMAN

Tak jauh berbeda dengan sertani 14, sertani 7 juga merupakan padi lokal genjah yang berarti umurnya pendek. Padi ini juga sudah teruji di lahan tadah hujan yang notabene kurang air. Batang kokoh dan anakan banyak. Jumlah bulir permalai kisaran 200 up bahkan ada yang 300 up. Untuk ketinggian tanaman tergolong normal, tidak tinggi dan tidak pendek. 

Saya menanam padi ini di musim tanam kedua di lahan tadah hujan. Pertanaman dengan menggunakan sistem jajar legowo 5:1 tanpa sisipan, sedangkan pemupukan saya samakan dengan perlakuan saat menanam padi trisakti dan sabo batu putih.

PERSEMAIAN ATAU PAWINIHAN

Mengingat umurnya yang genjah, dipawinihan padi ini sudah dipindahtanamkan saat sudah berumur 17 hari. Jumlah perlubang diberi 2 batang padi atau satu batang berikut anakannya. Perlakuan awal tidak ada yang istimewa. Benih sertani 7 direndam 24 jam kemudian ditiriskan sampai berkecambah. Setelah berkecambah benih disebar di lahan yang sudah disiapkan.

Trik yang bisa diterapkan yaitu buatlah lahan yang cukup besar untuk pawinihan. Pada intinya usahakan jangan terlalu rapat. Dengan perlakuan yang demikian kecambah padi akan cepat besar dan beranak. Selanjutnya, sekali lagi pastikan pindah tanam pada usia muda atau kurang dari 20hss. Jika benih sudah berumur tua maka vase vegetatifnya akan berkurang banyak dan tentu saja akan mempengaruhi sertani 7 untuk beranak.

PERAWATAN

Perawatan erat kaitannya dengan sikon di lapangan. Amati hama apa saja yang seringkali ada di lingkup persawahan tempat Anda menanam padi. Walaupun sertani 7 termasuk padi yang tahan penyakit, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman di lapangan, hama dan penyakit yang menyerang biasanya jamur, penggerek, dan hawar. 

Jadi, jika ada padi tetangga terdapat ciri serangan, maka tak usah menunggu lama. Di pertanaman sertani 7 langsung dilakukan antisipasi dengan menyemprot obat sesuai penyakit yang menyerang. Saya selalu memilih obat dengan cara kerja sistemik untuk pencegahan dan kontak untuk pengobatan.

PERBEDAAN SERTANI 7 DAN 14

Secara sekilas perbedaan antara kedua varian sertani dapat dilihat pada tabel berikut:


Sertani 7
Sertani 14
Umur
85-95hst
80-90hst
Bentuk bulir
Lonjong besar
Membulat
Tinggi tanaman
standart
bongsor

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan di lapangan, hasil real gabah kering pungut sertani 7 untuk lahan kurang lebih 5000 meter persegi yaitu 3,8 ton. Ini berarti konversi untuk 1 ha lahan yaitu 7,6 ton, sudah cukup baik di lahan tadah hujan di mt2 yang hasil terbaiknya biasanya tak lebih dari 5 ton per hektar. Barangkali jika ditanam di lahan irigasi hasilnya bisa meningkat. Berikut ini adalah photo perbandingan sertani 7 dan sertani 14.


Dari photo lapangan tersebut terlihat bahwa padi ini mirip. Jadi, yang mana yang akan Anda tanam?



Dodi A.S.
https://wa.me/6285693301146






Artikel terkait

0 komentar