TRIK JADUL PASANG KUNCI RAHASIA PAKAI SAKLAR PUTAR

21.3.16



Pemasangan kunci rahasia dengan menggunakan saklar sudah jamak dilakukan oleh para seniman otomatif kita. Tepatnya sekitar 12 tahun yang lalu banyak motor yang dipersenjatai dengan saklar rahasia sebagai tindakan preventif dari tindak kejahatan curanmor. Akan tetapi, adakalanya pemasangan kunci rahasia juga bikin ribet si empunya motor. Ketidaktahuan akan kelistrikan motor, penggunaan spesifikasi saklar, dan kabel serta kualitas solderan yang kurang mantap seringkali bikin akselerasi motor sedikit endut-endutan di rpm tinggi.

Prinsip pembuatan engine cut off 

Dalam pembuatan saklar rahasia maka mutlak diperlukan pengetahuan mengenai engine cut off. Apa itu engine cut off? Engine cut off atau sering juga ada yang menyebut engine kill/kill swicth adalah sistem yang berguna untuk membikin motor tidak bisa distarter. 

Hal yang jamak dilakukan untuk membuat sebuah engine cut off adalah memutus daya yang masuk ke dalam CDI atau pun ECM untuk motor injeksi. Cara lain yang sering juga dilakukan adalah dengan memutus kabel negatif CDI dan atau ECM. Walaupun ada yang berpendapat memutus kabel massa kurang aman bagi CDI atau pun ECM tapi nyatanya sistem ini juga digunakan dalam motor injeksi. Selain cara-cara tersebut ada pula yang menggunakan sistem short kabel pulser sehingga CDI kehilangan perintah untuk membuka gerbang kelistrikan.

Bagaimana jika memutus kabel masukan ke koil? Terlalu beresiko, kabel masukan koil untuk motor tipe CDI voltasenya terlalu besar (baca artikel di sini untuk lebih jelas). Boleh sih boleh tapi tidak recommended. Kalau menurutku yang paling aman adalah cara yang pertama, yaitu memutus masukan voltase ke CDI atau ECM. Kunci kontak itu sejatinya juga memutus masukan tegangan ke sistem kelistrikan motor termasuk CDI/ECM.

Saklar putar

Saklar putar adalah saklar yang memiliki banyak kontak poin, biasanya antara 4-5 kontak poin. Saklar ini sering dipakai untuk peralatan audio, pemilih daya pada catu daya seperti lemari pendingin. Penggunaannya dengan cara diputar. Anda pernah lihat kipas angin dinding seperti ini? 



Pemilih kecepatan putar kipas angin itu adalah salah satu contoh saklar putar. Penggunaan dua buah saklar putar yang dirangkai seri dijamin akan membuat maling frustasi, apalagi jika si maling belum pernah melihat bentuk saklar putar. Diletakkan di luar pun ia tak akan menyangka bahwa tonjolan tonjolan mirip baut itu adalah sebuah saklar.



Langkah langkah pasti membuat pengaman jadul model saklar putar

  • 2 buah saklar putar
  • Kabel kualitas bagus serabut tebal

  • Gunting

  • Isolasi bakar
  • perlengkapan solder

Rangkai saklar secara seri. Pilih kode sesuka Anda, misal saklar satu point 2, saklar 2 point 4, maka untuk menyalakan motor saklar pertama putar 2x dan saklar kedua putar 4x. Pastikan solderan mantap lebih oke tembak pakai lem bakar atau dicor dengan resin sekalian. Fungsikan sebagai engine cut off dan tempatkan saklar ditempat yang mudah dijangkau. Agar lebih rumit lagi maka potong saja tonjolan pada saklar putar, jadi ia akan berputar terus tak ada penciri titik nol sepertihalnya saklar kipas angin dinding.

contoh skema


NB:
Kekurangan dari pembuatan pengaman ini adalah harus melubangi dek motor untuk penempatan saklar. Tipe seperti kunci kontak, tidak otomatis seperti pengaman sistem elektrik yang aku bikin seperti di artikel INI

Artikel terkait

0 komentar