PENGAMAN MOTOR VARIO 125 PGM FI

13.3.16



Memasang pengaman motor di Honda Vario injeksi hampir sama caranya dengan cara pasang di Honda Beat POP yang sudah saya posting di sini. Bedanya, untuk vario all series letak conector 3P warna hijau untuk standar samping tidak terletak di bawah stang body depan melainkan di bawah jok. Perhatikan gambar di bawah ini


nomor 1 (socket standar samping 3p warna hijau)


Nama produk: ALS
Pasien : Honda Vario Tecno 125

Skema dasar pemasangan pengaman motor dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

skema pemasangan

Pembuatan engine cut off diambil dari socket standar samping yang merupakan bawaan dari pabrik sehingga tak perlu repot membuat engine cut off sendiri. Password untuk menghidupkan motor juga diambil dari system motor itu sendiri seperti penggunaan lampu sein, klakson, dan rem.

vario pgm fi
Di pasaran, terdapat banyak ragam tipe pengaman seperti ini. Para seniman otomotif dan tukang elektro pun berlomba-lomba membuat pengaman buatan lokal yang cukup mumpuni. Ada yang menggunakan relay, bahkan ada juga yang hanya menggunakan komponen elektronika semacam transistor sebagai saklar sentuh. Di sini saya membuat pengaman yang menggunakan relay sebagai komponen utamanya.

Sebelum marak muncul produk-produk pengaman motor atau seringkali orang menyebutnya kunci rahasia motor, saya sudah menerapkannya pada motor belalang tempur kesayangan. Berawal dari raibnya motor tetangga di empang, maka saya pun menerapkan jurus trik jadul pengaman motor dengan saklar putar. Kurang puas, maka saya pun memasang  pengaman elektronik model relay satu password.

Bisa Anda bayangkan betapa mumetnya sang maling ketika hendak menghidupkan motor saya. Ya, ini kejadian nyata. Pengaman fisik alias gembok yang berjumlah 4 buah dengan mudah dibobol maling. Motor yang terletak di lapangan terbuka samping kolam jelas akan menjadi sasaran empuk. Berhasil membobol 4 buah gembok, ia mencoba menghidupkan motor. Frustasi tak bisa menghidupkan motor, ia pun membuka jok dan mencoba mencari kunci rahasia. Jas hujan, kunci pas, dan aneka barang yang berhamburan dari balik jok di lokasi kejadian mengisyaratkan hal tersebut.

Masih saja tak puas, sang maling pun menuntun belalang tempur saya ke balik rimbunnya semak-semak. Rusaknya dek depan motor saat motor ditemukan menandakan bahwa sang maling masih berusaha menghidupkan motor dengan jalan bypass kabel kunci kontak. Jelas saja, ia masih juga gagal....

Pengamanan motor yang saya lakukan dalam keadaan darurat tempur seperti itu sangat berlapis. Mulai dari saklar putar yang dipasang secara seri, ditambah kunci elektronik otomatis model relay yang di jumper sekaligus ke klakson. Edan.... belum lagi ditambah 4 buah gembok. Tetangga samping empang sampai geleng-geleng kepala ketika menemukan motor jupiter z saya teronggok di balik semak-semak.

Anda ingin bikin sendiri? caranya sudah saya tunjukkan di trik jadul saklar putar dan ALS tipe 1P. Jika Anda tak mau repot-repot membuat, saya masih ada beberapa stock pengaman motor. Untuk pembelian langsung, silakan Whatsaap nomor saya (nomor ada di bawah). Untuk pembelian lewat marketplace silahkan klik tombol di bawah ini. Barang sudah dicor resin jadi sangat aman. 

https://www.tokopedia.com/dampoawang/etalase/pengaman-motor


Kelebihan tipe pengaman elektronik dengan relay:
  1. Pengamanan langsung tertuju pada mesin, satu-satunya jalan pencuri yang niat banget hanya dengan mendorong motor Anda atau menaikkannya pada mobil box
  2. Sesuai dengan karakteristik relay, kebutuhan daya sangat kecil sekali dan hanya diperlukan saat motor dalam keadaan menyala. Motor mati alat pun ikut mati
  3. Modul langsung bekerja saat kunci kontak di "on" kan, otomatis
  4. Berbeda dengan saklar sentuh yang seringkali harus curi-curi mata untuk menyentuh tempat rahasia dan kadangkala error saat terkena air karena induksi, dengan pengaman relay tangan Anda tetap di stang kemudi
  5. Autolock, otomatis mengunci saat motor dimatikan, tidak memerlukan daya aki saat mesin mati, jadi sangat ramah untuk aki Anda
  6. Tahan air dan guncangan, sistem dirancang khusus agar tahan air dan guncangan. dicor dengan resin sangat aman terhadap jalanan yang tak mulus
  7. Sudah terbukti aman saat saya terapkan di motor Jupiter, Supra 125, Vario 125 injeksi, Beat POP injeksi selama 3-5 tahun tanpa masalah
  8. Harga sangat bersahabat, pembelian langsung Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 100.000,- sudah termasuk ongkir ke seluruh Indonesia
Cara kerja pengaman

Sandi diletakkan di rem dan sein kanan maka hasilnya:
* ketika rem ditekan + starter = motor tak hidup
* rem dilepas alarm bunyi (klo alarm dipasang)
* rem ditekan + sein kanan dihidupkan (lampu rem dan sein pernah nyala bersamaan) = motor normal

Walaupun didesain untuk matic, pengaman ini juga bisa dipasang untuk motor dengan CDI DC. Secara prinsip, jika kode sandi yang dimasukkan benar, maka dua kabel hitam akan terhubung. Cut off paling aman untuk motor CDI DC yaitu dengan memutus masukan tegangan ke CDI.

Artikel terkait

0 komentar