KERJAAN ALA PENGSIUNAN, PENGHASILAN LUMAYAN

10.3.16



KERJAAN ALA PENGSIUNAN, PENGHASILAN LUMAYAN

Kerja santai tanpa beban, bebas jam kantor. Idealnya begitulah sebuah pekerjaan, menyenangkan dan menggembirakan. Santai, seneng, tapi juga dapat duit. Tapi dasar manusia, sukanya mempersulit dirinya sendiri. Menurutnya tidaklah bekerja kalau tidak pakai pakaian necis. 

Sebagai mantan mahasiswa akuakultur, saya pun mencoba pekerjaan ala pensiunan, ternak ikan. Ya ternak ikan memang tak sementereng PNS. Tak ada jam kantor, jam kantornya bikin sendiri, suka suka. Pagi ngopi, ngasih pakan ikan, sore ngopi lagi dan ngasih pakan ikan lagi. Benar benar santai, siangnya bisa dimanfaatkan untuk silaturahmi ke sesama peternak ikan ataupun kegiatan lainnya. 

Keasyikan ternak ikan itulah yang membuat blog ini terbengkalai selama kurang lebih 4 tahun. Sampai pada saatnya saya pun “diberhentikan” dari kerjaan yang asyik itu karena terbentur virus MMM (mama minta menantu) dan yang lebih ironis lagi tentunya status mantan tukang ikan sudah dapat dipastikan tak cukup bergengsi di mata para calon mertua dibanding status PNS.

Berapa sih pendapatan seorang tukang ikan?

Baik… baik… saya akan coba blak blakan kepada anda. Jawaban dari pertanyaan di atas itu relatif. Tergantung segment usaha; pembenihan, pembesaran, atau pemasaran (pengepul). Tergantung juga dengan komoditas, ikan hiaskah? Ikan konsumsikah?. Ikan konsumsi pun masih tergantung dari ikan yang dibudidayakan. Belum lagi skala usaha, mau skala rumahan atau bisnis. Tapi yang pasti skala rumahan pun sudah cukup oke untuk dijadikan penghasilan tambahan.

kolam kosong


kolam ketika diairi




Contoh, satu kolam air deras seperti di atas dapat menghasilan ikan kurang lebih 2ton dengan harga saat itu Rp 17000 per kg. Jadi, satu kolam itu kotor mendapatkan hasil penjualan 34 juta. Modal yang diperlukan kurang lebih 22 juta sehingga keuntungan yang diperoleh berada dikisaran angka 12jutaan per kolam per 4 bulan. Dengan kata lain per bulan bisa dapat 3 jutaan. Lumayan bukan? Itu baru satu kolam. Bagaimana kalau 4 kolam? 12 juta perbulan sudah cukup oke untuk skala pekerjaan rumahan yang sangat santai. 

Bagaimana, apakah anda sudah cukup terkompori dengan artikel ini? Hahahahahaha

Artikel terkait

0 komentar